Panduan Layanan Desa

Akta Kelahiran

02 Januari 2023

Administrator

1.493 Kali dibaca

Akta Kelahiran – Pembuatan Baru

Akta Kelahiran adalah Bukti Sah mengenai Status dan Peristiwa Kelahiran Seseorang yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Bayi yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Dasar untuk Memperoleh Pelayanan Masyarakat Lainnya.

Manfaat Akta Kelahiran
• Identitas Anak
• Administrasi Kependudukan : KTP, KK
• Untuk Keperluan Sekolah
• Untuk Pendaftaran Pernikahan di KUA
• Mendaftar Pekerjaan
• Persyaratan Pembuatan Paspor
• Untuk Mengurus Hak Ahli Waris
• Mengurus Asuransi
• Mengurus Tunjangan Keluarga
• Mengurus Hak Dana Pensiun
• Untuk Melaksanakan Ibadah Haji

Dasar Hukum
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Syarat

Syarat – Syarat yang Harus Dipenuhi dalam Permohonan Pembuatan Akta Kelahiran Baru:
1.Foto copy Akta Nikah (bagi orang tua yang sudah bercerai dengan menggunakan Akta     Cerai) yang telah dilegalisir KUA *apabila tidak bisa memberikan Surat Akta Nikah atau     Itsbat maka Anak Merupakan Anak Ibu
2.Untuk anak yang tidak diketahui asal usulnya persyaratan pembuatan akta harus           dilengkapi dengan Surat Keterangan dari Kepolisian (menjelaskan asal usul anak) dan     dokter (menjelaskan perkiraan usia anak)
3.Foto copy Kartu Keluarga yang dilegalisir
4.Foto copy KTP Ayah dan Ibu, jika usia diatas 17 tahun menggunakan KTP Sendiri
5.2 Orang Saksi Pencatatan Pelaporan Kelahiran berikut foto copy KTP yang Masih       Berlaku.
6. Surat Keterangan Lahir dari Kepala Desa / Lurah, Dokter, Bidan, Rumah Sakit yang     disahkan di desa / kelurahan.
7. Surat Kuasa Bermaterai Rp 10.000,- apabila pencatatan dikuasakan.
8. Mengisi Formulir Permohonan Pencatatan Kelahiran bermaterai 

Prosedur

Proses Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil:
Apabila syarat – syarat telah dipenuhi dengan lengkap, dapat segera mengurus pembuatan akta kelahiran dan mendaftar ke Loket di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Selanjutnya petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan melakukan langkah – langkah sebagai berikut:
• Penelitian Berkas
• Memasukkan Data dalam Komputer
• Pengecekan Data dan diparaf oleh Pemeriksa Data
• Penandatanganan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
• Distempel atau dicap
• Penyerahan Akta Kelahiran pada Pemohon

Biaya (Rupiah)

Biaya Pembuatan Akta Kelahiran secara resmi gratis.

Kirim Komentar

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Statistik

Agenda

Untuk sementara belum ada Data Agenda yang dapat ditampilkan

Untuk sementara belum ada Data Agenda yang dapat ditampilkan

Sinergi Program

Pemerintah Desa

Back Next

Komentar

Penduduk Biasa

14 September 2016 06:09:16

Selamat atas keberhasilan Senggigi merayakan Hari Kemerdeakaan... selengkapnya

Media Sosial

Peta Wilayah Desa

Peta Lokasi Kantor

Alamat:Jl. Raya Sidareja Km.14- Kecamatan Kaligondang
:Sidareja
:Kaligondang
:Purbalingga
Kodepos:53391
Telepon:
Email:pemdessidareja1@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini:401
Kemarin:0
Total:190.670
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:216.73.216.182
Browser:Mozilla 5.0

APBD

APBDes 2025 Pelaksanaan

APBDes 2025 Pendapatan

APBDes 2025 Pembelanjaan